Profil SMP Negeri 2 Purwadadi

Pada tahun  1994  berdirilah  sebuah Lembaga Pendidikan  Pemerintah SMPN 4 Lakbok yang berlokasi di Jl Desa Padaringan Kecamatan Purwadadi  Kabupaten Ciamis Provinsi  Jawa Barat dengan SK Mendikbud  No 0760/0/1994 Tanggal 05-10-1994, sebelumnya SMPN 2 Purwadadi merupakan kelas jauh SMPN Cintaratu Kecamatan Lakbok.  Meskipun berdiri tahun 1994  tapi siswanya sudah ada sejak angkatan 1990,  untuk itu hari lahir sekolah di tetapkan 15 Juli 1990.

Bulan Oktober  2004 ada pemekaran Kecamatan yang tadinya Desa Purwadadi Kecamatan Lakbok menjadi Kecamatan Purwadadi,sehingga SMPN 4 Lakbok pun berubah namanya menjadi SMPN 2 Purwadadi.
SMPN 2 Purwadadi  dalam statusnya sebagai sekolah formal dengan type B 2, letaknya cukup strategis berada di tengah-tengah jantung Desa Padaringan, dengan keadaan geografis pegunungan dan pesawahan. Sebelah Barat dan utara berbatasan dengan  Kota Banjar, sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Lakbok dan sebelah Selatan berbatasan dengan Desa sukamulya Kecamatan Purwadadi. SMPN 2 Purwadadi merupakan sekolah yang dikelilingi oleh 5 sekolah SMP/MTs baik negeri maupun swasta, namun hal itu tidak menjadikan suatu penghalang untuk terus berkarya meningkatkan kualitas,agar tetap diakui oleh masyarakat, justru kami jadikan sebagai daya saing untuk meningkatkan branded SMPN 2 Purwadadi.  Sehingga sampai saat ini pun  tetap  mendapat kepercayaan baik dari pemerintah maupun masyarakat, terbukti dengan masih banyak orang tua yang menyekolahkan putra putrinya  ke SMPN 2 Purwadadi.

  1. Nama Sekolah                                             : SMP NEGERI 2 PURWADADI
  2. NPSN                                                             : 20252423
  3. Alamat                                                          : Jl. Desa Padaringan Kec. Purwadadi Kab. Ciamis
  4. Kategori Sekolah                                         : Potensial
  5. Tahun didirikan/Th. Beroperasi               : 1994
  6. Nilai Akreditasi/Tahun Akreditasi            : A  ( 89,02) / 2015
  7. Kepemilikan Tanah/Bangunan                                : Milik Pemerintah
    1. Luas Tanah/Status Tanah                                : 7.000 m2 /Hak Pakai*)
    1. Luas Bangunan                                   : 3.500 m2

Data siswa pada tahun 2019/2020  berjumlah 304 dibagi menjadi 4 rombel,tahun 2020/2021 berjumlah 325 siswa dibagi menjadi 4 rombel. Fasilitas kelas yang dimiliki sebanyak 15 kelas.

Sarana prasarana yang menunjang terhadap PBM diantaranya: ruang perpustakaan  laboratorium IPA biologi, ruang guru, ruang BP/BK, ruang TIK,Ruang UKS, mesjid, ruang isolasi, ruang kepala sekolah, ruang kesenian, ruang OSIS/pramuka,kopsis,kantin,tempat parkir,wc guru/ kepsek, wc siswa putra/ putri, dan ruang olah raga.

Jumlah guru tetap 15 orang,guru tidak tetap 12 orang, tata usaha 4 orang (1 tetap,3 tidak tetap). Alhamdulillah tenaga pendidik SMPN 2 Purwadadi ada yang terdaftar sebagai Tutor PKP IPS Tingkat Nasional wilayah Jawa Barat Zonasi Banjarsari, Ciamis dan IN Seni Budaya Guru Pembelajar, masuk 5 besar guru berprestasi tingkat Kabupaten.

Keluarga Besar SMPN 2 Purwadadi

SURONO,S.Pd.,M.Pd

               Tenaga Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Komite

SMP Negeri 2 Purwadadi memiliki citra moral yang menggambarkan profil sekolah serta menginginkan masa depan  yang diwujudkan dalam Visi Misi sekolah.

Visi:

DISIPLIN DAN BERPRESTASI DENGAN DILANDASI IMAN DAN TAQWA

Misi:

1.Meningkatkan proses pembelajaran dan bimbingan peserta didik yang efektif efisien

2.Mengembangkan potensi kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual

3.Mewujudkan terbentuknya perilaku yang dilandasi iman dan taqwa terhadap Tuhan YME.

Wujud konkrit visi misi berupa  prestasi yang di raih SMPN 2 Purwadadi selama 3 tahun terakhir Tingkat Kabupaten dan Priangan Timur yaitu:

Juara 3 kesenian Pramuka,Juara 1 lomba lari O2SN melaju ke tingkat Nasional,Juara  2 Lompat jauh,Juara 3 Lomba Cipta Puisi FLS2N,Juara 3 Lomba Dongeng Sunda,Juara 2 LKBB se Priangan Timur,Juara 2 LTUB se Priangan Timur,Juara 3 Lomba cipta lagu,Juara 3 Lomba desain batik.

Sarana prasarana sekolah kami semakin hari semakin lengkap, semua ini berkat kepiawaian Bpk Surono, S Pd, M Pd selaku kepala sekolah dan kerja sama yang baik. Baru 1 tahun beliau mengemban jabatan kepsek di SMPN 2 Purwadadi, langsung  membangun perluasan mesjid, merealisasikan panggung kreatifitas yang merupakan rancangan Kepsek sebelumnya, pelebaran garasi sekolah, sarana prasarana penunjang covid 19  juga adanya  bantuan alat kesenian dari provinsi.

Kegiatan pendukung lainnya yaitu: Ekstra kurikuler pramuka, olah raga dan kesenian (degung dan organ  kerapkali diundang dalam acara pernikahan di masyarakat), pembiasaan tadarusan setiap Rabu dan Kamis pagi, sholat dhuha/yasinan setiap jumat pagi,senam bersama setiap selasa pagi,kegiatan literasi setiap hari oleh semua guru mapel, meningkatkan Program 5S (senyum salam sapa sopan santun) dan 7K ( keimanan,keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, dan kerindangan) dibantu oleh pengurus OSIS. Namun selama covid banyak kegiatan yang tidak bisa dilaksanakan.

Demikian sekilas Profil SMPN 2 Purwadadi, besar harapan semoga civitas akademik  bersama pimpinan terus bersinergi dan mengembangkan ide briliant,untuk meningkatkan branded SMPN 2 Purwadadi.

Photo-photo SMPN 2 Purwadadi.

Sarana Prasarana:

Ruang Tamu

RUANG KELAS

                                                 Ruang TIK

PANGGUNG KREATIFITAS
MASJID ZARIYATTUN UBNUWAH
LAPANG OLAH RAGA
TEMPAT PARKIR

                                 

KOPERASI SEKOLAH
RUANG ISOLASI
RUANG KESENIAN
RUANG PERPUSTAKAAN

   Pembiasaan dan Ekstra Kurikuler

SHALAT DHUHA DAN YASINAN
UPACARA BENDERA
PEMILIHAN KETUA OSIS
SENAM PAGI
PRAMUKA
PASKIBRA
DEGUNG
TARI
DRUMBAND
PADUAN SUARA
VOLLY BALL
ATLETIK

Linda Wati
Linda Wati

Guru SMP Negeri 2 Purwadadi

3 Komentar

  1. Sangat luar biasa, terus semangat untuk mencerdaskan anak bangsa;

    1. Hatur nuhun kang Iwan Ridwan Khoir tetap semangat…..

    2. Tetap Semangat,
      Salam dari Ibukota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *