SISI LAIN SANG INSPIRATIF

Surono,S.Pd.,M.Pd akrab disapa Rono sudah tak asing khususnya di kalangan dunia pendidikan kabupaten Ciamis. Di usia ke-49 diangkat sebagai Kepala Sekolah SMPN 2 Purwadadi yang terletak diantara perbatasan Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar.

Lahir di Ciamis, 20 Agustus 1970 ditengah-tengah keluarga yang latar belakang orang tua jiwa pebisnis, sehingga sikap karakter hidup penuh dengan perjuangan, tanpa kenal lelah dan pantang menyerah sudah tumbuh sejak dini. Menikah dengan Siti Aisyah dan dikarunia 3 orang anak yang sekarang sedang menempuh kuliah di Universitas Teknologi Yogyakarta dan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Beliau seorang muslim yang taat, sering menjalankan puasa sunah senin kamis, lulusan Sarjana di IKIP Bandung dan memperoleh gelar master pendidikan di Universitas Galuh Ciamis. Dari dahulu sampai saat ini aktif dalam organisasi, baik di Hima, Kopma sampai diangkat menjadi PNS pun tetap masih aktif di organisasi PGRI dan mendapat  tugas tambahan PKS Humas, PKS Kurikulum, PKS Kesiswaan, Wakil Kepala Sekolah sampai akhirnya menjadi Kepala Sekolah.

Di sekolah dikenal dengan julukan The Change Agen, karena kepiawaiannya dalam memanage sesuatu secara kooperatif sehingga mampu merehab mesjid semakin luas, mewujudkan pembuatan pembangunan panggung kreatif siswa, membangun tempat parkir, mendapatkan bantuan alat alat kesenian (musik modern, musik tradisional), rehab kelas 5 ruangan dan sebagainya. Hal tersebut menginspirasi semua bawahannya untuk terus berkarya dan belajar, tak ayal sekolahpun beberapa kali mendapatkan kejuaraan baik tingkat komisariat,kecamatan maupun kabupaten bahkan ke tingkat Propinsi.

Sisi lain daya tariknya  yaitu mempunyai talenta bermain musik. Tak diragukan lagi, sehingga sering diundang sebagai player maupun vokalis di lingkungan dinas pendidikan maupun diacara hajatan, dan  menjadi tokoh idola yang multi talenta.

Perjuangan, tekad dan usaha kerasnya telah membawa ke tingkat kesuksesan, sesuai dengan quote beliau yaitu: “Berusahalah untuk tidak menjadi manusia yang berhasil tapi berusahalah menjadi manusia yang berguna.”

Penulis:  N Lindawati, S Pd

Pendidik SMPN 2 Purwadadi

Linda Wati
Linda Wati

Guru SMP Negeri 2 Purwadadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *